QnC Jelly Gamat Di Apotik

Senin, 22 Mei 2017

Gendang Telinga Sakit

Gendang Telinga Sakit - Gendang telinga , juga disebut membran timpani atau myringa, adalah selaput tipis berbentuk kerucut yang memisahkan telinga luar dari telinga tengah.

Anda mungkin merasakan sakit yang tajam di telinga Anda, atau sakit telinga yang Anda alami untuk sementara tiba-tiba hilang. Mungkin juga Anda mungkin tidak memiliki tanda bahwa gendang telinga Anda telah pecah.

Gendang telinga yang pecah - juga dikenal sebagai gendang telinga berlubang atau perforasi membran timpani - dapat menyebabkan komplikasi seperti infeksi telinga tengah dan gangguan pendengaran . Mungkin juga memerlukan pembedahan untuk memperbaiki kerusakan pada gendang telinga. Tapi biasanya, terutama jika Anda melindungi telinga Anda, gendang telinga yang pecah akan sembuh sendiri tanpa perawatan dalam beberapa bulan.

Apa itu Gendang telinga Pecah ?

Gendang Telinga SakitGendang telinga yang pecah adalah air mata di selaput tipis yang memisahkan telinga luar Anda dari telinga bagian dalam Anda. Membran itu, yang dikenal sebagai membran timpani, terbuat dari jaringan yang menyerupai kulit .

Gendang telinga berfungsi dua fungsi penting di telinga Anda. Ini merasakan getaran gelombang suara dan mengubah getaran menjadi impuls saraf yang menyalurkan suara ke otak Anda . Ini juga melindungi telinga tengah dari bakteri serta air dan benda asing. Biasanya, telinga tengahnya steril. Tapi saat gendang telinga pecah, bakteri bisa masuk ke telinga tengah dan menyebabkan infeksi yang dikenal dengan otitis media .

Apa Penyebab Gendang Telinga?

Sejumlah hal dapat menyebabkan gendang telinga pecah; Salah satu penyebab paling umum adalah infeksi telinga . Saat telinga tengah terinfeksi, tekanan menumpuk dan menekan gendang telinga. Bila tekanannya terlalu besar, bisa menyebabkan gendang telinga melubangi. Ketika itu terjadi, Anda mungkin tiba-tiba menyadari bahwa rasa sakit dan tekanan yang Anda alami dari infeksi tiba-tiba berhenti dan nanah mengalir dari telinga.

Penyebab umum lain dari gendang telinga yang pecah adalah menusuk gendang telinga dengan benda asing, seperti kapas atau sikat kapas yang digunakan untuk membersihkan lilin dari saluran telinga. Terkadang anak-anak bisa menusuk gendang telinga mereka sendiri dengan meletakkan benda seperti tongkat atau mainan kecil di telinga mereka.Ruptur Eardrum: Gejala dan Pengobatan
Mendengarkan

Beberapa gendang telinga pecah akibat apa yang dikenal sebagai barotrauma. Hal ini terjadi ketika tekanan di dalam telinga dan tekanan di luar telinga tidak sama. Itu bisa terjadi, misalnya saat pesawat terbang berganti ketinggian, menyebabkan tekanan udara di kabin turun atau naik. Perubahan tekanan juga menjadi masalah umum bagi penyelam scuba.

Sebuah cedera kepala atau tamparan telinga dapat menyebabkan gendang telinga pecah. Begitu juga trauma akustik yang disebabkan oleh suara keras tiba-tiba, seperti ledakan atau ledakan mendadak musik keras.

Apa Gejala Gendang Telinga?

Beberapa orang tidak melihat adanya gejala gendang telinga yang pecah. Yang lain melihat dokter mereka hanya setelah beberapa hari mengalami ketidaknyamanan umum di telinga mereka dan merasakan bahwa "ada sesuatu yang tidak beres dengan telinga Anda." Beberapa orang kaget mendengar udara keluar dari telinganya saat mereka meniup hidung mereka. Dengan paksa meniup hidung Anda menyebabkan udara naik untuk mengisi ruang di telinga tengah Anda. Biasanya hal ini akan menyebabkan gendang telinga masuk ke luar. Tapi jika ada lubang di gendang telinga, udara akan tergesa-gesa. Terkadang suara itu cukup keras untuk didengar orang lain.

Bagaimana Gendang Telinga Diobati? Cara Mengobati Gendang Telinga Pecah

Jika Anda memiliki gejala gendang telinga yang pecah, dokter akan melakukan pemeriksaan otoskopik. Sebuah otoscope adalah alat dengan cahaya yang digunakan untuk melihat ke dalam telinga. Dalam kebanyakan kasus, jika ada lubang atau robekan di gendang telinga, dokter akan bisa melihatnya.

Terkadang mungkin ada terlalu banyak lilin atau drainase bagi dokter untuk secara jelas melihat gendang telinga. Jika demikian, dokter mungkin membersihkan saluran telinga atau memberi resep makanan pembuka untuk Anda gunakan untuk membantu membersihkannya. Terkadang, dokter menggunakan bola karet yang menempel pada otoskop untuk meniupkan udara ke telinganya. Jika gendang telinga tidak pecah, ia akan bergerak saat udara menghantamnya. Jika sudah pecah, tidak akan.

Dokter juga dapat menguji pendengaran Anda untuk mengetahui seberapa besar efek gendang telinga yang pecah pada pendengaran Anda; Dia mungkin menggunakan garpu tala untuk mengujinya. Dokter mungkin juga meminta tes audiologi, yang menggunakan serangkaian nada yang Anda dengarkan dengan headphone untuk menentukan tingkat pendengaran Anda. Sebagian besar gangguan pendengaran karena gendang telinga yang pecah bersifat sementara. Hasil pendengaran normal biasanya terjadi setelah gendang telinga sembuh.Bagaimana Eardrum Ruptur Diobati?

Biasanya, tidak ada perawatan khusus yang diperlukan untuk gendang telinga yang pecah; Sebagian besar gendang telinga yang pecah sembuh dalam waktu tiga bulan. Dokter Anda mungkin meresepkan antibiotik - baik secara oral atau dalam bentuk eardrop - untuk mencegah infeksi telinga atau mengobati infeksi yang ada. Jika gendang telinga yang pecah menyebabkan Anda sakit, dokter mungkin menyarankan untuk menggunakan obat penghilang rasa sakit over-the-counter seperti acetaminophen atau ibuprofen . Kehangatan bisa diaplikasikan juga untuk meringankan ketidaknyamanan.

Jika gendang telinga lambat untuk disembuhkan, Anda mungkin akan dirujuk ke dokter hidung dan tenggorokan telinga yang mungkin memasang patch di gendang telinga. Dalam beberapa kasus, operasi mungkin diperlukan untuk memperbaiki gendang telinga yang pecah. Operasi biasanya dilakukan secara rawat jalan. S

elama prosedur, yang biasanya memakan waktu beberapa jam, dokter akan menempelkan sehelai jaringan Anda sendiri ke gendang telinga untuk membangun kembali gendang telinga. Pembedahan paling sering digunakan untuk perforasi besar, untuk perforasi yang melibatkan tepi gendang telinga, atau gendang telinga pecah yang disebabkan oleh infeksi telinga.

Sementara gendang telinga sembuh, Anda harus menjaga agar telinga tetap kering. Itu berarti tidak ada berenang atau menyelam sampai dokter mengatakan gendang telinga itu sembuh. Anda juga perlu menggunakan topi mandi atau tempat kapas dilapisi dengan petroleum jelly di telinga luar Anda saat Anda mandi untuk menahan air. Tindakan pencegahan lainnya meliputi:

Bagaimana Cara Mencegah Gendang Telinga Tercegah

Dua langkah paling penting yang dapat Anda lakukan untuk mencegah gendang telinga yang pecah adalah dengan menghindari memasukkan benda ke telinga Anda - bahkan untuk membersihkannya - dan untuk mengobati infeksi telinga dengan segera. Penting juga bagi dokter untuk membuang benda asing di telinga Anda dan bukan mencoba melepaskannya sendiri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar